Responsive Ads Here

Saturday, September 23, 2017

Kewirausahaan (Entrepreneurship)

Kewirausahaan memiliki kata dasar wira dan usaha. Dalam kamus besar Bahasa Indonesia, wira diartikan pahlawan, laki-laki. Memang pada umumnya, kewirausahaan harus dikerjakan oleh laki-laki, karena laki-laki adalah kepala keluarga, pencari nafkah atau pahlawan keluarga. Walaupun tidak menutup kemunkinan bagi kaum wanita diera globalisasi dewasa ini. Kata usaha diartikan kegiatan dengan mengerahkan tenaga, pikiran, atau badan untuk mencapai suatu maksud; pekerjaan (perbuatan, prakarsa, ikhtiar, daya upaya) untuk mencapai sesuatu. Jelas bahwa kewirausahaan adalah pekerjaan yang memiliki maksud dan tujuan yang akan dicapai. Kata wirausaha sendiri disamakan dengan wiraswasta yang diartikan orang yang pandai atau berbakat mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya, serta mengatur permodalan operasinya. Kewirausahaan disamakan dengan kewiraswastaan yang diartikan perihal wirausaha atau wiraswasta. Secara sempit atau sederhana, orang yang berwirausaha/berwiraswasta adalah orang yang berbuat, berprakarsa, berikhtiar, atau berdaya upaya untuk memasarkan produk baru. Entah produk baru itu hasil buatan sendiri atau hasil buatan orang lain. Kewirausahaan adalah perihal pekerjaan, perbuatan atau kegiatan yang memiliki tujuan memasarkan produk baru.

Dalam bahasa Inggris kata kewirausahaan disebut entrepreneurship. Entrepreneur is a person who organizes and operates a business or businesses, taking on greater than normal financial risks in order to do so. "Pengusaha adalah orang yang mengatur dan menjalankan satu bisnis atau lebih, mengambil risiko finansial lebih besar dari biasanya untuk melakukannya". Entrepreneurship is the activity of setting up a business or businesses, taking on financial risks in the hope of profit.
"the new business opportunities have encouraged entrepreneurship on a grand scale"
Kewirausahaan adalah kegiatan mendirikan satu bisnis atau lebih, mengambil risiko finansial dengan harapan memperoleh keuntungan.
"Peluang bisnis baru telah mendorong kewirausahaan dalam skala besar"

[button][back to top][/button]


No comments:

Post a Comment